Jumat, 17 Februari 2012

Janganlah kuatir akan hidupmu


“...carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan detambahkan kepadamu.” (Matius 6:33)
Apakah hasil seseorang yang mengejar harta di bumi atau mengumpulkan di bumi? Kekuatiran! Keekurangan harta menyebabkan kekuatiran sehingga harta terus menerus dicari dan dikejar. Harta yang berlimpah-limpah yang dikumpulkan di bumi juga menyebabkan kekuatiran, takut hilang dicuri orang dan lain-lain.
Karena itu Matius 6:32 mengatakan bahwa harta adalah salah satu yang dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah dengan penuh kekawatiran. Siapakah diantara kita yang tidak memiliki kekuatiran? Asal seseorang masih hidup di muka bumi, ia pasti memiliki kekuatiran. Hanya satu yang tidak pernah kuatir yaitu Allah. Pernahkah kita mendengar bahwa Allah kuatir? Tidak pernah. Meskipun Allah memiliki banyak pekerjaan tetapi Ia tidak mempunyai kekuatiran. Kalau bersandar penuh pada Allah, kita bisa tidak kuatir malahan kita mendaapatkan penghiburan dan ketenangan walaupun banyak hal yang harusnya dikuatirkan.
Tuhan mengetahui bahwa manusia penuh kekuatiran. Tetapi mengapa Ia mengatakan, “Janganlah kuatir akan hidupmu, ...” (Matius 6:25) ? bukannya perintah ini mustahil untuk dilakukan? Kalau bagi Allah tidak ada yang mustahil! Kekuatiran tidak bisa menambah sejengkal hidup kita. Bahkan seringkali kita kuatir akan hari esok, padahal kita hidup untuk hari ini.
Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Hari esok memiliki kesusahanya sendiri. Kita harus belajar melalui burung-burung di langit yang tidak pernah menanam dan menyiram tetapi anehnya selalu terpelihara dengan baik. Kita justru lebih berharga dari burung-burung itu, maka percayalah, Allah pasti akan memperhatikan keperluan hidup dan tubuh kita.
Menurut ayat di atas, kalau kita mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya terlebih dulu, tidak hanya Kerajaan-Nya dan kebenaran-Nya akan diberikan kepada kita, tetapi semua keperluan kita juga akan ditambahkan kepada kita!
Jadi kita perlu mengenal bahwa keperluan kita itu hanya tambahan saja, yang utama adalah Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya. Realitas kerajaan Allah hari ini adalah Gereja, sedangkan kebenaran-Nya ialah Firman-Nya.
Berlatihlah demikian sejak masa mudamu. Mencari Kerajaan Allah dan tidak hidup dalam kekuatiran! Amin.
Saat ada masalah apapun, jangan menanggungnya sendiri sehingga menyebabkan kekuatiran. Datanglah kepada Tuhan terlebih dahulu dan berdoalah, untuk “melemparkan” beban berat masalah itu kepada-Nya. Lalu, utamakanlah menikmati Tuhan lewat Firman-Nya, utamakanlah pelayanan, maka segala keperluan jasmani kita akan dicukupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar